Thu. Apr 25th, 2024

Timnas Indonesia U-23 tidak bisa mengalahkan Timor Leste dengan skor besar pada matchday terakhir Grup B Piala AFF U-23 2023. Skuad Garuda Muda cuma menang 1-0 di Rayong Province Stadium, Thailand, Minggu (20/8) malam WIB.

Timnas Indonesia U-23 sedianya unggul di setiap lini dalam pertandingan tersebut. Tim asuhan Shin Tae-yong itu menorehkan ball possession sebesar 75 persen, dan mencatatkan enam shots on target.

Total, Skuad Garuda Muda menciptakan 20 tembakan. Namun, finishing yang buruk membuat Timnas Indonesia U-23 hanya bisa membobol gawang Timor Leste satu kali lewat Ramadhan Sananta pada menit ke-45.

Meski begitu, Shin Tae-yong tetap memberikan apresiasi kepada anak asuhnya. Pelatih asal Korea Selatan ini juga mengapresiasi semangat juang tim lawan.

“Kedua tim telah berjuang keras. Apresiasi yang besar kepada permainan Timor Leste. Saya juga cukup senang dengan permainan pemain kami,” ujar Shin Tae-yong saat sesi jumpa pers usai laga.

Terancam Gagal Lolos ke Semifinal

Kemenangan atas Timor Leste tak mengubah posisi Timnas Indonesia U-23. Skuad Garuda Muda tetap menghuni posisi dua klasemen sementara Grup B dengan mengemas tiga poin dari dua laga.

Nantinya, hanya tiga juara grup dan peringkat kedua terbaik yang akan lolos ke semifinal. Untuk Grup A, poin tim runner-up melawan juru kunci tidak dihitung agar menyesuaikan dengan Grup B dan Grup C.

Dalam pemeringkatan runner-up terbaik, Timnas Indonesia U-23 saat ini bertengger di urutan pertama, disusul oleh Filipina dan Kamboja yang sama-sama mengantungi satu poin.

Filipina dan Kamboja saat ini baru memainkan satu pertandingan. Jika di antara mereka ada yang meraih kemenangan dalam partai terakhirnya di fase grup, maka Skuad Garuda Muda akan tersingkir dari Piala AFF U-23 2023.